Mengenal apa itu REVOLUSI INDUSTRI 4.0


Hai para pembaca setia seputar teknologi, pernah kah belakangan ini atau sudah dari tahun lalu kalian mendengar yang namanya "Revolusi Industri 4.0" ?
Pasti mimin rasa udah sering banget kan ya? apalagi dimana debat capres-cawapres kemarin juga sering juga ada membahas dengan revolusi industri ini.
Langsung aja deh kita bahas dan jelasin ya , soalnya mimin ga ngerti harus berbasa-basi gimana lagi . ehhh 😄

So, sini sini baca ini aja kuy...
Revolusi Industri 4.0 adalah Bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan internet saling mempengaruhi kehidupan manusia.

Lalu, kok sudah sampai Revolusi Industri yang ke empat aja nih ? Lantas yang ke 1, 2 dan seterusnya apa ? dan kapan aja itu ???

Sini kita bacaaaaa :

Revolusi Industri 1 dimulai pada abad ke- 18 dengan adanya penemuan mesin uap dan mesin                                              manufaktur.

Revolusi Industri 2 pada abad ke - 19 ditandai dengan adanya produksi massal , Mesin listrik dan                                       Standardisasi Industri

Revolusi Industri 3 pada abad ke - 20 ditandai dengan adanya komputer dan Teknologi Informasi

Lalu saat ini namanya Revolusi Industri ke 4 .


Dengan hadirnya teknologi automasi makin meningkatkan produktivitas tenaga kerja, berbagai negara didunia telah menggunakan kecerdasan buatan dan robot sebagai pekerja di lini produksinya.
Contoh perusahaan yang telah menerapkan ini yaitu :

  • Tesla 
  • Uber 
  • Amazone
  • Suzuki
  • DHL
  • Adidas
  • Nestle
Di Indonesia sendiri perusahaan Suzuki Cikarang telah menggunakan Teknologi Robot.

Dibalik manfaat adanya teknologi ini , ada tantangan ekonomi untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 
Padahal pada saat ini negara kita tengah menikmati periode bonus demografi dimana banyak nya populasi penduduk dalam rentang yang produktif, dengan ketersediaan tenaga kerja yang banyak ini bersamaan dengan era revolusi industri 4.0 akan menjadi ancaman nyata bagi low skill workers, atau jenis pekerjaan yang repetitif , karena dapat dengan mudah digantikan oleh adanya kecerdasan buatan dan teknologi robot.

Lalu mimin akan memberikan paparan profesi apa saja yang akan tetap bertahan di era Revolusi Industri 4.0 yaitu : 
  • Industri Kreatif
  • IT 
  • Profesional
  • Manager
  • Pelayan Kesehatan
  • Pendidikan
  • Jasa Konstruksi
Sebelum menutup pembahasan kita , Kemenperin (Kementerian Perindustrian) meluncurkan program inisiatif dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yaitu ada 10  prioritas nasional lintas sektoral dalam upaya memperkuat struktur perindustrian dalam menghadapi tantangan di masa depan.

0 Response to "Mengenal apa itu REVOLUSI INDUSTRI 4.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel